Om Google Merajai Internet

Friday 6 June 2008

Google, Big Google, Google King Google benar-benar raksasa dalam dunia internet. Sekarang kita punya mesin pencari yang berbasis Google, email, aplikasi perkantoran, blog, peta satelit... Tentu kita lebih suka apabila tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk layanan tersebut, setiap orang berhak menentukan pilihannya sendiri dan harus sanggup menanggung segala resikonya.

Tentu saja dan pasti, semua aktifitas yang kita lakukan pada aplikasi Google dicatat (ter-log) - pencarian, email, bahkan dokumen yang dibuka dengan Google Docs tersimpan di server mereka. Dan jangan lupa bahwa suatu saat nanti semua itu bisa dipakai melawan kita. Mungkin memang sedikit paranoid, tetapi mempertimbangkan ide terbaru Google, kita benar-benar harus menjaga privasi kita.

Ini tentang proyek bernama 23andMe (investornya adalah Google dan New Enterprise Associates - NEA). Layanan ini menawarkan analisis DNA yang bergaya halaman jejaring sosial. Cukup dengan contoh air ludah sudah cukup untuk melaksanakan tes dan setelah beberapa minggu hasilnya akan diposting online. Saat database bertambah besar, bisa juga menolong spesialis untuk menemukan bahaya-bahaya melalui DNA. Sepertinya hal tersebut merupakan ide yang cemerlang, tetapi jangan lupa bahwa mereka (23andMe) juga menyimpan data individual - juga penyakit dan yang sejenis yang merupakan data sensitif dan sangat intim. Privasi dalam kasus ini harus dijaga pada level yang lebih tinggi lagi, dan karena sistem berjalan online, hanya permasalahan waktu saja, kapan ia akan menjadi target serangan cyber.

Selain itu, Google juga mempunyai beberapa proyek menarik berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Beberapa ide memang sangat bagus dan kita percaya ada tujuan baik dibalik itu, seperti dalam proyek pembiayaan pembaruan energi (dan kontribusi mereka dalam penghematan energi adalah Blackle.com). Intinya Google sedang berusaha menjamah ke dalam semua lahan dan mereka menyimpan banyak informasi tentang kita, kebutuhan kita, aktifitas kita... Pikirkan baik-baik sebelum anda melangkah.

0 komentar:

Post a Comment

Insert Ur Comment!

 
 
 
eXTReMe Tracker